Makin besar pemahaman yang aku lakukan terhadap sifat eksternal sebuah ideologi, makin besar kerinduanku untuk memahami inti utama doktrin ini.

Literatur resmi tidak banyak berguna dalam hal ini. Sepanjang ia berhubungan dengan masalah ekonomi, penjelasan dan bukti-buktinya palsu. Sepanjang dia mengejar tujuan-tujuan politik, ia berbohong. Lebih-lebih aku sendiri didorong oleh fraseologi kecil baru yang berkabut dan gaya bagaimana ia ditulis. Dengan penggunaan kata-kata yang boros sekali, dalam konteks yang tidak jelas atau makna yang tidak menyeluruh, mereka menganggap suatu campuran frase tanpa akhir yang isi pokoknya sama-sama lucu, meski sesungguhnya mereka tidak bermakna. Hanya kaum bohemian metropolitan yang merosot bisa merasakannya di rumah dalam kekaguman penalaran dan memisahkan sebuah “pengalaman dalam” dari timbunan kotoran dadaisme harfiah, yang didukung oleh kesederhanaan pepatah, dari sebagian orang-orang kita yang selalu mendeteksi kebijakan besar dalam apa yang paling tidak bisa dipahami bagi mereka secara pribadi. Meskipun demikian, dengan menyeimbangkan kebohongan teoritis dan mong kosong doktrin ini dengan realitas fenomena, aku secara bertahap memperoleh gambaran jelas mengenai kehendak intrinsik ini. Pada masa-masa ini aku dihadapkan pada ketakutan besar dan prasangka suram. Kemudian aku melihat di depanku sebuah doktrin, terbagi atas egoisme dan kebencian yang dapat membawa kemenangan menurut hukum-hukum matematis. Tetapi saat melakukannya harus mengakhiri rasa kemanusiaan.

Sementara itu, aku telah belajar untuk memahami hubungan antara doktrin dari kerusakan ini dan sifat orang-orang, sampai pada saati itu, belum aku kenal.

Hanya pengetahuan ttg komunitas ideologi yang memberi kunci untuk memahami tujuan-tujuan utama dan tentunya nyata dari Ideologi itu sendiri.

Konsepsi yang salah tentang tujuan dan makna ideologi ini jatuh dari mataku seperti jubah ketika aku menjadi mengenal orang-orang ini, dan dari kabut dan halimun frase-frase sosial memunculkan air muka yang menyangsikan ideologi tersebut.

mit freundlichen grüssen aus himmel

:::::::::

ps, postingan ini menggunakan perumpamaan. & juga dipasang di pokoke.com

::::::::::