Sex Pistols hanya merilis satu album, Never Mind The Bollocks, Here’s The Sex Pistols, namun mereka berhasil membuat pukulan dahsyat pada elemen-elemen bullshit di industri musik, bahkan pada segala omong kosong di dunia ini. Tidak ada seorang pun yang bisa menciptakan pengarh itu hanya dengan satu album. Anda bisa mendengar pengaruh mereka di segala jenis musik, mulai dari Joy Division, Guns N’ Roses sampai ke The Smiths dan Slayer. Album itu adalah akar dari semua yang kita dengarkan di stasiun radio modern.

Hanya sebuah mitos yang berani menuding mereka cuma sekelompok pemuda tanpa bakat yang tidak dapat bermain alat musik. Menurut say, Steve Jones adalah salah satu gitaris terbaik sepanjang masa, dia mencontohkan cara yang benar bagaimana seharusnya sebuah gitar Gibson berbunyi melewati amplifier Marshall. Paul Cook adalah seorang drummer yang handal dengan sound yang unik, sederajat dengan Keith Moon dan Charlie Watts. Banyak band lain yang berusaha ingin terdengar seperti  Sex Pistols, namun selalu gagal.

Sebuah perbedaan antara John Lydon dan penyanyi punk lainnya adalah mereka hanya bisa meniru, sedangkan John melakukannya dengan natural. Dia tidak pernah mengikuti satu aturan pun. Bicara tentang pemain Bass, bukanlah kesalahan mengganti Glen Matlock dengan Sid Vicious. Matlock sebenarnya cukup asik, namun Sid adalah cerminan asli kata “COOL” dalam punk rock — Seorang rocker ceking yang sarat akan attitude, sekilas mirip Elvis atau James Dean.

Tema yang ditulis Lydon tahun 1976 dan 1977 masih relevan dengan apa yang terjadi sekarang. Memang penggambarannya dilakukan dengan eksplisit dan kasar, namun selama ini tidak ada yang berani membawanya ke permukaan, seperti bicara tentang seseorang yang melakukan aborsi. Satu-satunya orang yang pernah mengangkat tema itu adalah Bob Dylan, walaupun tidak selugas itu.

Mereka tidak pernah memaparkan sejauh mana kemungkinan yang dapat dilakukan dalam musik. Anda tidak perlu meniru apa yang mereka lakukan, namun Thanks-To-Them, anda bisa membawa musik ke arah manapun yang anda mau. 

::::: impressum ::::: image dari wiki … tulisan dimutilasi dari majalah rolling stones :::::

.

.