Untuk beberapa waktu, ada sesuatu yang tak pasti tetapi mengerikan di udara. Orang-orang sedang saling cerita bahwa dalam beberapa waktu ke depan orang-orang akan “memulainya” — tetapi aku tidak bisa membayangkan apa makna semua ini. Awalnya aku berpikir tentang serangan seperti yg terjadi beberapa waktu yg lalu. Rumor-rumor yg jelek terus menerus muncul dari wilayah ini, yg sepertinya tidak pernah berhenti bergejolak. Tetapi ini juga tampak bagiku lebih sebagai produk imajinasi daripada masalah yg sesungguhnya. Produk yg diharapkan segera terwujud, tetapi tak seorangpun mengambil tindakan segera. Aku tidak sempat membaca, dan ketegangan umum terus meningkat.

Dalam beberapa waktu aku telah menjalaninya dengan lebih baik. Luka yg menusuk di lekuk hidupku menghilang — pelan-pelan, aku berhasil membedakan garis besar hidup tentang diriku. Aku punya alasan untuk berharap bahwa pandanganku akan pulih setidaknya cukup baik untuk mampu mendapatkan pekerjaan di kemudian hari. Tentu saja, aku tidak lagi berharap bahwa aku akan mampu bertarung lagi. Dalam kasus apapun, aku tengah menjalani proses penyembuhan ketika hal mengerikan terjadi.

Harapan pertamaku masih muncul bahwa pengkhianatan tingkat tinggi kurang lebih masih menjadi masalah lokal. Beberapa hari kemudian membawa kepastian yg paling buruk dalam hidupku. Rumor-rumor menjadi lebih menekan. Apa yg kuanggap sebagai masalah lokal sekarang menjadi umum. Apakah hal ini benar-benar terjadi ?

Dalam agitasi ekstrem, aku berusaha bermartabat dengan tampak tidak gemetar, ketika berteriak :

leave now … and never come back !

.

LEAVE NOW … AND NEVER COME BACK !

.

LEAVE NOW … AND NEVER COME BACK !!

::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

JOERIG is finally REBORN … beware !! …

::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::