Tulisan ini bukan tentang perasaan yg timbul diantara seorang wanita dan seorang laki-laki yang tengah digentayangi hantu asmara … bukan, ini bukan tentang itu… SUMPAH ! … Ini tentang cinta yang lain, ini tentang Cinta sebagai energi material tambahan yang merupakan sumber dan penyebab aktif tingkah laku manusia…

Cinta adalah suatu kekuatan, suatu rasa panas yang bukan dikeluarkan oleh kalori atau protein yg kucerna. Ia mempunyai suatu sumber yang tidak dapat diketahui dan dapat memanaskan dan melelehkan semua eksistensiku. Ia bahkan memaksaku untuk mengingkari diri. Cinta memberiku nilai-nilai lebih tinggi dan lebih mulia daripada kepentingan praktis sehari-hari, dan tak ada penjelasan apapun yang dapat menerangkannya.

Apabila cinta dihilangkan dari manusia, maka manusia akan menjadi makhluk yang stagnan dan terasing, hanya berguna untuk sistem produksi. Ia mungkin menjadi ilmuwan, dokter, atau apapun, tetapi kualitasnya sebagai manusia, energi material tambahan itu — yang dengannya manusia telah membuat sejarah dan telah menempa revolusi-revolusi besar — akan mati dalam dirinya, dan nyala itu pun akan padam.

::::::::::

Iklan