Oscar wilder pernah mengatakan bahwa seorang artis yg sukses adalah artis yg mempunyai karya yg tidak dimengerti orang namun tetap dicintai orang banyak. Berdasarkan standar itu menurut saya The Police merupakan sukses besar. Lagu-lagu mereka bersifat universal dan berhasil menjadi bagian hidup kita. Kita dapat mendengarnya di stasiun radio pop maupun rock, bahkan akan diputar di stasiun radio di Jerman mungkin 100 tahun dari sekarang. Dan pada saat yg sama, lagu-lagu itu sangatlah cerdas dan bekerja di beberapa level. Ambil contoh “Every Breath You Take”. Sebuah tipuan yg menarik, sebuah lagu dengan nada yg sangat catvhy, orang-orang banyak yg memainkannya di pesta pernikahan, banyak yg tidak sadar tema lagu ini sebenarnya bercerita tentang seorang pengintai atau “stalker”. “Roxanne” secara gamblang bercerita tentang seorang pelacur jalanan. Lagu ini bukan tentang Sting yg mencintainya kemudian membuat perempuan itu patah hati, ini hanya tentang perempuan pelacur itu. Banyak yg tidak menyadari keunikan-keunikan ini.

Favorit pribadi saya adalah “Don’t Stand So Close To Me”, lagu yg bercerita tentang seorang gadis muda dan gurunya. Gaya bercerita seperti itu telah menghilang dari dunia musik pop. Lagu “Don’t Stand” akan sangat menarik, apapun liriknya.

Tentu saja The Police terdiri dari musisi-musisi handal. Mereka adalah  para profesional yg muncul di era punk dan menemukan jati diri mereka sesudah itu. Saya adalah penggemar terbesar musik reggae yg mereka usung. Band seperti The Clash memadukan reggae dengan punk, lain halnya dengan The Police. Mereka melakukan reggae standar, dan tetap berhasil menjadi bagus. Sting bernyanyi sambil bermain bass, sesuatu yg jarang kita lihat. Dia mengontrol penuh seksi ritem dan melodi dalam sebuah band. Stewart Copeland merupakan drummer dengan permainan yg luar biasa. Bisa disimak di lagu “Roxanne” dan “So Lonely” betapa brilyan permainannya. Andy Summers mempunyai jiwa ritem yg baik dan teknik bermain yg menakjubkan, juga sebuah kombinasi yg cukup langka. Sungguh musik dari The Police dewasa dengan jangka waktu yg cukup cepat.

::::: impressum ::::: image dari bluebrainers … tulisan dimutilasi dari majalah rolling stones :::::